Bendungan Rotiklot, Belu – NTT diresmikan Presiden RI Joko Widodo

Rohil Abadi News.com, Kupang – Presiden RI Joko Widodo tiba di Bandar Udara Internasional El Tari, Kota Kupang, NTT pukul dua belas siang ini, Senin (20/05/2019). Dia diterima langsung gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat. Selanjutnya presiden RI Joko Widodo alias jokowi melanjutkan penerbangan menuju kabupaten Belu.

“Dari Kupang, saya berganti pesawat menuju Kabupaten Belu,”tutur Presiden Joko Widodo di halaman fb nya dikutib media tren riau, Senin (20/05/2019).

Presiden RI tersebut akan meresmikan bendungan Rotiklot di kecamatan Kakuluk Mesak, Belu.

“Jika tak ada halangan, hari ini, saya meresmikan Bendungan Rotiklot di Dusun Rotiklot, Kecamatan Kakuluk Mesak, Belu,”ucapnya kemudian.

Dia menjelaskan bahwa bendungan Rotiklot di desa Fatuketi, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur sudah selesai bahkan saat dia berada di bendungan tersebut sudah terisi air. Dia mengatakan dengan adanya air tersebut maka disaat musim kemarau masyarakat Belu bisa bercocok tanam tanpa khawatir kekurangan air.

“Dari dulu saya sampaikan, kunci kemakmuran dan kesejahteraan di NTT hanya satu: ketersediaan air. Karena itulah, dari 49 bendungan baru yang dibangun sepanjang 2015-2019, tujuh bendungan di antaranya dibangun di NTT yakni Bendungan Raknamo, Rotiklot, Napun Gete, Temef, Manikin, Mbay, dan Welekis,”jelasnya Presiden Joko Widodo.

Dikatakannya, Bendungan Rotiklot menjadi sumber irigasi untuk mengairi 139 hektare lahan pertanian, bisa dipakai untuk pembangkit listrik tenaga air, tempat wisata, dan sumber air baku bagi penduduk Kabupaten Belu. Bendungan ini bisa menampung 3,30 juta meter kubik air dengan luas genangan 29,91 hektare.

“Saya berharap masyarakat Kabupaten Belu bisa merasakan manfaat kehadiran Bendungan Rotiklot ini,”pungkasnya Joko Widodo. (rilis)

Sumber/foto : hal fb Joko Widodo

Editor : Andi Gun Riotallo

Please follow and like us:

Berita Terkait

Leave a Comment