ADVERTORIAL : Serap Dana Pusat Bangun Puskesmas, Wujudkan Visi dan Misi Bidang Kesehatan

ROKAN HILIR – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berkeinginan mewujudkan kehidupan masyarakat yang madani, mandiri dan sejahtera. Masyarakat madani (civil society) dapat diartikan sebagai suatu masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani dan memaknai kehidupannya. Masyarakat madani (civilized society) dapat juga diartikan masyarakat yang berperadapan. Sedangkan masyarakat mandiri adalah masyarakat yang mampu memenuhi semua kebutuhan dasarnya dengan kemampuannya sendiri.

Bupati Rohil, H.Suyatno menerima akreditasi status bintang tiga RSUD Dr Pratomo Bagansiapiapi dari komisi akreditasi rumah sakt Jakarta. Ia didampingi kepala Bappeda H.M Job Kurniawan dan direktur RSUD Dr Pratomo, dr Tribuana Tungga Dewi

Kemudian masyarakat sejahtera adalah suatu masyarakat menunjuk ke keadaan yang baik, kondisi manusia dimana orangnya dalam keadaan makmur, dalam keadaan sehat dan damai. Masyarakat Sejahtera dapat juga diartikan terpenuhinya keinginan dan harapan hidup yang lebih baik yaitu kemampuan memenuhi kebutuhan konsumsi dasar (pangan, sandang dan papan), kemudian kemudahan memperoleh akses terhadap kebutuhan hidup dasar (kesehatan, pendidikan, sanitasi air bersih dan transportasi).

Untuk memenuhi akses terhadap kebutuhan hidup dasar kesehatan masyarakatnya, Pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir melakukan pembangunan sarana dan prasarana di bidang kesehatan. Pembangunan sarana dan prasarana kesehatan, khususnya pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) ini bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara merata dan terjangkau. Dengan tercapainya tujuan tersebut diharapkan derajat kesehatan masyarakat lebih baik dan memperoleh kehidupan yang sehat dan produktif.

Pada tahun 2018 lalu telah dibangun puskesmas yang dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bangunan Puskesmas Bangko yang lama, telah ada sejak tahun 1976 lalu kemudian di pugar dan dibangun bangunan baru yang lebih bagus lagi.

Bupati Kabupaten Rokan HIlir (Rohil) H.Suyatno foto bersama petugas medis Puskesmas Bangko

Gedung Puskesmas Bangko jalan Jambu Bagansiapiapi telah  diresmikan penggunaannya ,Selasa (08/10/2019) lalu. Bangunan ini sebagai peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) khususnya di kecamatan Bangko.  

Orang nomor satu di Rohil, H.Suyatno menjelaskan bahwa pembangunan puskesmas dilakukan karena niat masyarakat yang ingin memiliki puskesmas baru dengan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang memadahi.

“Akhirnya puskesmas yang cantik ini berdiri megah saat ini,”terang H.Suyatno.
Bupati Rohil ini menjelaskan, bangunan puskesmas yang tercantik ini berdiri di daerah lingkungan padat penduduk. Sebelumnya, lokasi ini merupakan puskesmas yang ada sejak tahun 1976 silam. Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Riau maupun Pusat, yang telah mendukung sehingga gedung dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,”tuturnya.

Pada tahun 2019 ini pemerintah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) juga telah mendapatkan bantuan membangun  gedung puskesmas yang terletak dibatu 6 komplek perkantoran batu 6. Bantuan dari pemerintah pusat dalam bentuk APBN tersebut saat ini dalam pembangunan.

Bangunan  gedung puskesmas ini letaknya strategis. Puskesmas di daerah pesisir ini merupakan wilayah berbatasan dengan Selat Melaka, negara  Malaysia. Puskesmas ini nantinya bakal ramai dikunjungi oleh pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan, maupun pengunjung yang ingin menikmati suasana yang berlokasi di pertigaan jalan masuk kota Bagansiapiapi.

Pada tahuhn 2020 mendatang pemerintah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berkeinginan  mendapat kucuran dana APBN untuk membangun puskesmas di wilayah Panipahan, yang merupakan daerah pesisir berbatasan dengan selat Malaka. Tidak hanya di Panipahan bahkan pemerintah daerah juga akan mengupayakan pembangunan puskesmas Kubu. Hal ini sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah pesisir Rokan Hilir dan daerah pesisir yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia.

Maklumat Rumas Sakit Umum Daerah Dr Pratomo

Seiring dengan pembangunan sarana dan prasarana gedung untuk pelayanan masyarakat, pemerintah daerah juga telah meningkatkan status akreditasi rumah sakit daerah Dr Pratomo jalan Pahlawan Bagansiapiapi. Akreditasi status rumah sakit daerah ini telah mendapatkan akreditasi bintang tiga. Penerimaan piagam akreditasi status bintang tiga ini dilaksanakan di komisi akreditasi rumah sakit Jakarta. Bupati Rohil H.Suyatno langsung menerima piagam akreditasi bintang tiga ini yang diserahkan langsung oleh DR. Dr Sutoto, Mkes.

Bupati Rohil H.Suyatno sangat mengapresiasi kerja dan kinerja bawahannya yang telah menaikkan status RSUD Dr Pratomo hingga mencapai status bintang tiga. Tentunya penghargaan ini diberikan berkat kerja keras dan keseriusan pemerintah Rokan Hilir di bidang kesehatan. Pemerintah daerah bersama-sama OPD, perangkat medis maupun lapisan masyarakat yang ingin ada peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat.

Dalam kepemimpinannya, Suyatno dan Jamiludin dalam menjalankan roda pembangunan dijelaskan dalam visi dan misi pemerintah daerah untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang madani, mandiri dan sejahtera.

“Mewujudkan kabupaten Rokan Hilir yang maju, mandiri dan sejahtera,”tandas H.Suyatno dalam suatu acara beberapa waktu lalu. (advertorial)

Please follow and like us:

Berita Terkait

Leave a Comment