Gelar Reuni, Alumni SBMB Peragakan Hasil Karya Busana Sendiri

ROHIL ABADI NEWS.com, BAGANSIAPIAPI –Silaturahmi Belajar Menjahit Busana (SBMB) Mandiri jalan Pulau Baru kelurahan Bagan Barat kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menggelar Halal bi halal sekaligus reuni , Kamis (11/04/2019). Puluhan orang ikut hadir dalam acara ini.

“Bahkan pada acara ini di gelar peragaan hasil cipta kreasi busana mereka sendiri,”ujar Salimah (44) ketua SBMB Mandiri ini kepada wartawan.

Acara ini digelar sebagai perpisahan peserta kursus sekaligus untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan. Sebanyak 10 sertifikat peserta yang lulus diserahkan pada saat ini.

“Sudah 30 sertifikat dikeluarkan untuk yang lulus kursus. Saat ini ada 60 peserta mengikuti kursus dimana yang masih aktif sekitar 30 orang,”jelasnya bu isal ini.

Mengikuti kursus di SBMB Mandiri dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 350 ribu termasuk baju seragam dan peralatan untuk kursus serta bulan pertama kursus. Sedangkan biaya perbulan selanjutnya dikenakan biaya sebesar 100 ribu rupiah.

Kursus dilaksanakan pada setiap Selasa, Rabu dan Kamis sore. Bahkan juga ada yang malam hari. Saat ini peserta kursus ada yang dari luar kota Bagansiapiapi. Untuk memperoleh sertifikat kelulusan tergantung dari kemampuan peserta itu sendiri. Biasanya peserta mengikuti kursus hingga lulus selama sembilan bulan.

“Bahkan ada juga peserta yang hanya hingga tiga bulan saja. Pada pendidikan kursus ini keberanian peserta lebih diutamakan. Selama mengikuti kursus harus berani mengambil pesanan orang untuk menjahit busana. Kemudian kita bimbing sehingga pesanan tersebut selesai di kerjakan,”tutur Salimah.

Silaturahmi Belajar Menjahit Busana (SBMB) Mandiri berdiri sejak sepuluh tahun lalu. Namun lebih aktifnya selama dua tahun belakangan ini.

Meskinpun, pernah ada tawaran dari pihak pemerintah namun hingga kini belum ditanggapinya sebab saat ini masih usaha sendiri. Banyak Lulusan SBMB Mandiri sudah membuka usaha sendiri. Bahkan mereka sudah membuka usaha di luar Rokan Hilir diantaranya ada membuka usaha di Duri, Pekanbaru dan Dumai. Meskinpun, katanya, ada juga lulusan SBMB yang buka usahanya di Rokan Hilir ini.

Salimah berkeinginan dengan membuka SBMB Mandiri ini dapat menyalurkan bakat menjahit putri putri yang telah tamat SMU untuk masuk SBMB selanjutnya setelah lulus dapat berusaha sendiri.

“Halal bi Halal dan reuni ini sebagai ajang silaturahmi para alumni SBMB Mandiri sekaligus untuk memperagakan hasil cipta busana terbaru mereka. Meskinpun sudah tamat kursus namun masih tetap ada jalinan ikatan,”tandasnya.(Adv)

Penulis : Andi Gun Riotallo

Editor : Andi Gun Riotallo

Berita Terkait

Leave a Comment