Tingkatkan Mutu dengan Menggali Potensi dan Menyiapkan SDM

BAGANSIAPIAPI,Rohil Abadi News.com – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) di bawah kepemimpinan bupati H.Suyatno saat ini sedang mengutamakan peningkatan mutu pendidikan sebagaimana didalam visinya keinginan mewujudkan kehidupan masyarakat yang Madani, Mandiri dan Sejahtera. Masyarakat Sejahtera disini adalah terpenuhinya keinginan dan harapan hidup yang lebih baik, kemudian kemudahan memperoleh akses terhadap kebutuhan hidup dasar salah satunya masalah pendidikan. Oleh sebab itu, Bupati Rokan Hilir mengharapkan kepada tenaga pendidik agar mendidik anak murid dengan baik.

“Diharapkan guru mendidik anak didik dengan ikhlas dan tulus,”ujar Bupati H.Suyatno belum lama ini.

Pendidikan tentunya tidak lepas dari guru dan murid serta sekolah sebagai sarana menempuh jenjang pendidikan. Menurut data Badan Pusat Stastistik dalam buku Kabupaten Rokan Hilir dalam angka tahun 2018 menyebutkan pada tahun ajaran 2016/2017 di kabupaten Rokan Hilir sebanyak 7.892 guru tersebar di 587 sekolah, baik negeri maupun swasta di Kabupaten Rokan Hilir. Jumlah guru terbesar adalah kecamatan Bagansinembah dengan 1.631 orang. Kemudian kecamatan Bangko dengan 1.132 orang.

Sehingga rasio perbandingan antara guru dan siswa memperlihatkan berapa banyak siswa yang dihadapi oleh masing-masing guru. Jenjang perbandingan rasio tertinggi adalah Sekolah Dasar yakni 18,39 dalam arti setiap guru harus mengawasi 18 hingga 19 siswa. (kabupaten Rokan Hilir dalam angka 2018 hal 86 tabel 4.1.2)

Pendidikan (education) adalah suatu proses pembelajaran kepada peserta didik agar memiliki pemahaman terhadap sesuatu dan membuatnya menjadi seorang manusia yang kritis dalam berpikir. Sehingga semakin baik pendidikan seseorang maka pengetahuan dan pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) berpotensi baik.

Untuk meningkatkan kualitas persoalan SDM, Pemerintah kabupaen Rokan Hilir (Rohil) menyediakan program pemberian bea siswa kepada mahasiswa yang digulir saban tahun. Bahkan Pemerintah daerah Rokan Hilir juga membiayai kuliah para putra terbaik untuk melanjutkan pendidikan kuliah ke luar negeri. Selain itu juga pembangunan infrastruktur sekolah.

”Tujuannya program beasiswa bagi siswa beprestasi ini dalam rangka untuk menyiapkan SDM Rohil dalam rangka menggali potensi di Rohil,” kata Sekda Rohil Drs H Surya Arfan Msi.

Kemudian itu, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir membangun pendidikan dengan mewujudkan guru yang profesional, sejahtera dan bermartabat. Dari  jumlah guru yang ada di 18 kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir ,20 persen di antaranya sudah di kuliahkan untuk mengambil sertifikasi pendidikan sarjana dengan skala prioritas jenjang pendidikan mulai dari Play Grup, Paud,TK, SD, SMP,SMA,serta SMK dan perguruan tinggi dan sekolah tinggj yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.

“Dalam memantapkan solidaritas organisasi profesi guru yang kuat dan martabat, di butuhkan wadah seperti PGRI dengan tekat membangun kekuatan dan kebersamaan untuk mewujudkan guru profesional,sejahtera,dan bermartabat dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa,”ungkap Bupati Rohil H.Suyatno dalam suatu kesempatan.

Bupati H.Suyatno menyampaikan majunya pendidikan di Kabupaten Rokan Hilir sebagai bentuk kepedulian dari pemerintah daerah. Setiap tahun Pemerintah menganggarkan Dana pengembangan pendidikan ,peningkatan sarana dan prasarana sekolah serta penyetaraan jenjang pendidikan guru.

Pentingnya pendidikan bagj generasi muda, pelajar dan mahasiswa menjadi simbol majunya suatu daerah. Pemerintah daerah Rokan Hilir memiliki keinginan kuat dalam membenahi dan memperbaiki sektor pendidikan khususnya di tingkat dasar. Pemerintah daerah juga ingin pemerataan pendidikan di seantero wilayah Rokan Hilir. Melalui Dinas Pendidikan, setiap tahun eksistensinya Pemerintah daerah membantu kebijakan program anggaran bagi sekolah yang jauh dari jangkauan.

“Pemerintah melalui Dinas Pendidikan membantu kebijakan anggaran bagi sekolah di daerah pesisir seperti kecamatan Sinaboi, Pekaitan, Pasir Limau Kapas dan Kecamaatn kubu,”terang Suyatno. (Advertorial)

Berita Terkait

Leave a Comment