Wabup Rohil Drs H.Jamiludin,“Berikan pelayanan semaksimal mungkin kepada JCH”.

Rohil Abadi News.com, BAGANSIAPIAPI – Sedikitnya 245 orang Jemaah Calon Haji (JCH) se Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengikuti bimbingan manasik haji di Gedung serbaguna “Misran Rais” jalan Gedung Nasional Bagansiapiapi, Kamis (25/04/2019). Tampak hadir saat itu wabup Rohil Drs H. Jamiludin, kemenag Rohil dalam hal ini di wakili Kasi Haji H. Hasbullah, Kabag Kesra Pemkab Rohil M.Zen serta para staff kemenag.

Wakil Bupati Rokan Hilir (Wabup Rohil) Drs H. Jamiludin membuka bimbingan manasik haji tahun 2019 ini. Dia mengatakan kegiatan manasik haji ini rutin dilaksanakan setiap tahun disaat pada musim haji. Hal ini guna persiapan pembekalan ilmu jemaah Calon Haji Rokan Hilir. Dengan adanya bimbingan manasik haji ini JCH lebih mempardalam ilmu manasik sehingga dapat menjalankan ibadah haji dengan betul dan sempurna dan tanpa ragu-ragu. Oleh sebab itu, jelasnya lagi, diharapkan JCH selalu fokus mencermati pengarahan dan bimbingan haji yang disampaikan oleh nara sumber.

“Sesuai pengalaman, Jemaah Calon Haji (JCH) hendaknya selalu menjaga pola makan dan minuman, yang paling penting ikuti panduan-panduan yang disampaikan oleh nara sumber,” jelas wabup Rohil.

Kemudian itu, dalam kesempatan ini, orang nomor dua di pemerintahan kabupaten Rohil ini menegaskan agar para petugas yang di utus oleh Pemdakab Rohil agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung-jawab dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Berikan pelayanan semaksimal mungkin kepada JCH, supaya para JCH merasa nyaman dan tentram dalam melaksanakan ibadah haji, “pungkasnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkab Rohil, M.Zen menjelaskan sebanyak 245 orang jemaah calon haji (JCH) mengikuti bimbingan manasik haji yang dimulai dari tanggal 24 April kemaren hingga 28 April 2019 mendatang.

Dia mengatakan Jemaah Calon Haji Rokan Hilir tahun 2019 tertua Karmidi berusia 85 tahun dari kecamatn Simpang Kanan dan JCH yang paling muda dari kecamatan tanah Putih berusia 18 tahun yakni Muhammad Irfan.

“Jemaah termuda Muhammad Irfan berusia 18 Tahun utusan Kecamatan Tanah Putih,” jelasnya

Sedangkan Kepala Kemenag Rohil yang disampaikan melalui Kasi haji Kemenag Rohil H.Hasbullah menjelaskan tahun 2019 ini ada tiga kecamatan yang tidak ada utusannya yakni kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) , Kecamatan Sinaboi dan kecamatan Batu Hampar sedangkan Jemaah Calon Haji yang terbanyak tahun ini dari kecamatan Bagansinembah.

Kemudian itu, dia mengatakan bimbingan haji ini merupakan kebijakan pemerintah daerah dalam pelaksanaan haji dengan memberikan bimbingan berupa penyampaian materi berkaitan kesehatan haji, ilmu manasik haji dan pelaksanaan praktek di lapangan dengan bimbingan nara sumber yang telah ditentukan. Sedangkan nantinya ada juga manasik yang di gelar oleh kementerian agama.

“Nanti ada lagi manasik haji yang dilaksanakan oleh Kementerian agama. Kementerian agama itu melakukan 10 kali pertemuan, dua pertemuan di kabupaten dan 8 pertemuan di masing-masing kecamatan,”tandas Hasbullah. (AGR)

Penulis/Editor : Andi Gun Riotallo

Berita Terkait

Leave a Comment